Dimas Anugerah Wicaksono
Penalti Madrid yang Menyulut Api Perdebatan di Kalangan Wasit
2018-04-13 13:16:21

Real Madrid berhasil lolos ke babak semifinal Liga Champions setelah menyingkirkan Juventus pada Kamis (12/4) lalu. Madrid menang karena hasil agregat.

Di leg pertama saat bermain di kandang Juventus, Madrid sudah mengantongi tiga gol tandang. Itu berarti, jika Juventus ingin lolos, si Nyonya Besar harus mencetak setidaknya empat gol dan Madrid tidak dapat mencetak gol di leg kedua.

Pada pertandingan hidup mati itu, Juventus berhasil menyamakan kedudukan agregat dengan mencetak tiga gol. Namun, di penghujung laga, wasit yang memimpin pertandingan, Michael Oliver, memberikan hadiah penalti untuk Madrid karena Lucas Vasquez dijatuhkan Mehdi Benatia di dalam kotak terlarang.

Keputusan wasit asal Inggris itu sontak mengundang perdebatan di kalangan pelatih, pemain, dan tentunya wasit. Banyak orang berpendapat keputusan Oliver sangat kontroversial.

Mantan wasit La Liga, Andujar Oliver, mengatakan keputusan yang diberikan Michael Oliver itu salah. Menurutnya, Benatia selaku pelanggar memberikan kontak yang sangat minim.

"Itu bukan penalti. Kontak seperti itu tidak cukup untuk dihadiahi penalti. Sang pemain bertahan juga menyentuh bolanya," tutur Andujar.

Eduardo Iturralde Gonzalez, wasit yang juga tidak lepas dari kontroversi saat merugikan timnas Armenia yang gagal lolos ke Piala Eropa 2012, memiliki pendapat yang sama dengan Andujar. Menurutnya, kontak dari Benatia belum cukup untuk wasit memberikan hadiah penalti.

Walaupun terlihat kontroversial, banyak yang mendukung keputusan Michael Oliver. Salah satu mantan wasit profesional Spanyol, Ansuategui Roca, mengatakan insiden tersebut pantas dihadiahi penalti.

"Itu jelas penalti. Penalti di masa injury time memang selalu menjadi keputusan kontroversial. Ada dorongan dan bek juga melompat sembari menjatuhkan penyerang," tutur Roca.

Mantan wasit asal Inggris, Graham Poll, mengatakan rekan senegaranya itu memiliki keberanian yang besar dalam menghadiahkan penalti untuk Madrid di menit krusial seperti itu. "Oliver sangat berani saat menghadiahi penalti itu," tutur Poll.

"Dikelilingi oleh setengah skuat Juventus, Oliver tetap tenang dan memberikan keputusan tepat, dengan mengusir Gianluigi Buffon karena protes agresifnya itu." 

Sumber : https://www.topskor.id/detail/72039/Penalti-Madrid-yang-Menyulut-Api-Perdebatan-di-Kalangan-Wasit
Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?