Lintang Prisilia
Kane Bisa Dapat Sepatu Emas karena VAR
2018-07-06 11:23:48
Hingga babak 16 besar Piala Dunia 2018, striker Inggris, Harry Kane jadi pengumpul gol terbanyak. Dia mengantongi enam gol. Lima dari fase grup dan satu saat lawan Kolombia di 16 besar.

Menarik mencermati bagaimana Kane bisa mendapatkan setengah lusin gol itu. Rupanya, tiga gol di antaranya didapat dari titik putih. Eksekusi penalti yang dijalani Kane dengan sukses.

Penalti pertama Kane di Rusia terjadi saat bertemu Panama di fase grup. Itu jadi penalti pertama yang diterima Inggris di Piala Dunia sejak edisi 2002. Saat itu eksekutornya adalah David Beckham saat lawan Argentina.

Soal hadiah penalti, hingga usai babak 16 besar, sudah terjadi 28 eksekusi penalti. Ini jadi jumlah terbanyak dalam sebuah perhelatan final Piala Dunia. Dalam lima edisi Piala Dunia sebelumnya, rata-rata hanya 16 hadiah penalti yang diberikan wasit.

Jumlah sebanyak ini yang terjadi di Rusia tak lain karena faktor Video Assistant Referee (VAR). Teknologi yang memudahkan wasit untuk menentukan sebuah pelanggaran pantas atau tidak diberikan penalti.

Kane pun mendapatkan penaltinya berkat VAR. Tidak menutup kemungkinan jika terjadi pelanggaran di kotak gawang saat lawan Swedia, VAR kembali memberikan penalti. Pelatih Inggris Gareth Southgate pun sudah menetapkan eksekutor penalti harus diemban Kane.

Kane menambah gol lewat penalti hasil VAR? Sangat mungkin. Pada akhirnya, sangat mungkin juga trofi Sepatu Emas untuk pencetak gol terbanyak didapat berkat hasil analisis VAR.
Sumber : https://www.topskor.id/detail/77028/Kane-Bisa-Dapat-Sepatu-Emas-karena-VAR
Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?