Saiful Rachman
Prediksi Myanmar Vs Timnas Indonesia U-16: Mendobrak Tradisi Negatif
31 Jul 2018
Timnas Indonesia U-16 bakal melanjutkan kiprah di Piala AFF U-16 2018 melawan Timnas Myanmar U-16. Pertemuan matchday kedua penyisihan Grup A ini dimainkan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa malam (31/7/2018).

Dalam sejarah turnamen ini, Timnas Indonesia U-16 memiliki catatan kurang apik saat bersua Myanmar. Tiga kali bertemu, tidak pernah sekali pun Indonesia menang. Perinciannya, sekali seri dan dua kali kalah.

Dua kekalahan itu bahkan didapat dengan skor mencolok, 0-6 dan 1-6, masing-masing pada 2002 dan 2005. Namun, hasil seri lebih mutakhir, terjadi tahun lalu dengan skor 2-2 di Thailand.

Menyikapi rekor itu, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, tetap optimistis dengan kemampuan anak asuhnya. Dia yakin akan ada hasil baru yang bisa mendobrak tradisi negatif bertemu Myanmar di turnamen ini.

"Kalau saya sebagai pelatih tidak optimistis, buat apa saya di Timnas U-16? Kami ingin bermain dengan cara kami. Saya yakin Myanmar sudah berubah, seperti kami juga melakukan perubahan," kata Fakhri.

Timnas Indonesia U-16 sebenarnya punya catatan kemenangan atas Myanmar. Hal itu terjadi pada ajang Tien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam, dengan menang 4-1 pada 14 Juni 2017.

Pada turnamen itu, Timnas Indonesia U-16 kemudian keluar sebagai kampiun setelah dua kali menang dan sekali imbang dalam tiga pertandingan.

Fakhri memuji Myanmar merupakan satu di antara negara dengan pengembangan sepak bola usia muda yang baik. Dia menilai, Timnas Myanmar U-16 tidak jauh berbeda dengan Timnas Myanmar U-19, yang sama baiknya.

"Timnas Myanmar U-16 sebenarnya memiliki gaya permainan yang hampir dengan dengan Tim U-19. Fisiknya kuat dan mampu bermain 2x40 menit. Mereka sabar dan memiliki organisasi permainan yang baik. Myanmar adalah salah satu negara yang perlu kami waspadai," imbuh pelatih 53 tahun itu.

Rencananya, Fakhri bakal melakukan rotasi komposisi pemain di laga ini. Beberapa pemain perlu diistirahatkan setelah tampil ketika mengalahkan Filipina 8-0 (29/7/2018).

"Kami memang melakukan rotasi, tapi tidak besar-besaran. Hanya beberapa pemain yang diganti. Saya perlu mempertahankan kerangka tim ini," imbuh pelatih asal Aceh tersebut.

Saat ini beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 sedang mengalami cedera, seperti Sutan Zico dan Bagus Kahfi. Namun, Fakhri menilai kondisi kedua pemain andalan lini depan itu cukup bagus untuk diturunkan.

"Zico ada masalah di otot paha bagian bawah. Saya tanya memang belum 100 persen bagus. Termasuk Bagus juga begitu. Tapi, saya akan mencoba memberi kesempatan untuk mereka. Ini adalah bagian tantangan kami di Piala AFF," kata Fakhri.

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Myanmar U-16 (4-3-3): Hein Htet Soe (Kiper); Kaung Khant Kyaw, Nyan Lin Htet, Shin That Aung, Thaw Zin Htet (Belakang); Naung Naung Soe, Aung Koo Oo, Khum Kyaw Zin Hein (Tengah); Yan Kyaw Soe, Pyae Phyo Aung, Naing Htwe (Depan)

Pelatih: Nyi Nyi Latt

Timnas Indonesia U-16 (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (Kiper); Bagas Kaffa, Nur Rahman, Dandi Maulana, Yudha Febrian (Belakang); David Maulana, Amanar Abdillah, Brylian Nagiehta (Tengah); M. Supriyadi, Sutan Zico, Bagus Kahfi (Depan)

Pelatih: Fakhri Husaini
Sumber : https://www.bola.com/indonesia/read/3605051/prediksi-myanmar-vs-timnas-indonesia-u-16-mendobrak-tradisi-negatif/page-2

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?