Putri Mahmudah
Dadakan untuk Liga Champions, Bali United Ganti Pelatih, Emral Abus Masuk, Teco Lengser
13 Jan 2020

PERGANTIAN pelatih dilakukan Bali United FC jelang pertandingan melawan Tampines Rovers FC. Laga itu merupakan kualifikasi putaran pertama Liga Champions Asia 2020.

Sekarang kursi pelatih kepala Bali United ditempati Emral Abus. Sosok yang biasa menjadi instruktur pelatih dalam kursus lisensi yang diselenggarakan PSSI, maupun AFC.

Lantas bagaimana dengan Stefano Cugurra alias Teco? Pelatih asal Brasil itu harus diganti karena tidak punya lisensi pelatih yang sesuai regulasi Liga Champions Asia.

Lisensi pelatih yang dipegang Teco masih setara A AFC. Sedangkan di Liga Champions Asia disyaratkan AFC Pro. Dan, Emral Abus sudah mengantongi lisensi tersebut.

"Ada sedikit persoalan lisensi coach Teco yang membuat secara administrasi tidak bisa didaftarkan sebagai pelatih kepala. Jadi kami memutuskan merekrut coach Emral Abus," kata Yabes Tanuri, CEO Bali United.

Tapi peran Emral Abus sebetulnya hanya menjadi bayangan. Sebab, semua urusan teknis tetap menjadi tanggung jawab Teco. Kemungkinan Teco juga masih bisa di pinggir lapangan, jika didaftarkan sebagai asisten pelatih.

Namun belum ada keterangan dari Bali United, perihal apakah Teco tetap didaftaran untuk jabatan lain, atau sama sekali tidak masuk pendaftaran.

"Coach Emral Abus sudah bergabung bersama tim pada Minggu kemarin di Singapura," kata Yabes Tanuri.

Emral Abus juga pernah menjalani peran sebagai pelatih bayangan. Ini saat Persib turun di Piala AFC 2015, sementara pelatih Djadjang Nurdjaman belum memenuhi lisensi yang disyaratkan.

Pertandingan Tampines Rovers melawan Bali United rencananya digelar pada Selasa 14 Januari 2020. Di Stadion Jalan Besar, Kallang.*

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?