Uchiha Hitachi
Resmi Dipecat, Kronologi Ernesto Valverde Harus Angkat Kaki dari Kursi Pelatih Barcelona
14 Jan 2020

KEPUTUSAN diambil sangat cepat. Pertemuan yag berlangsung pada Senin 13 Januari 2020 petang, pada malam harinya sudah ada keputusan. Ernesto Valverde harus angkat kaki dari kursi pelatih FC Barcelona alias dipecat!

Erneto Valverde mulai melatih Barcelona pada musim panas 2017. Sejak itu sampai dipecat, Valverde sudah mempersembahkan empat gelar juara.

Rinciannya dua gelar juara La Liga, yaitu 2017/2018 dan 2018/2019. Kemudian Piala Raja atau Copa del Rey 2017/2018, plus Piala Super Spanyol 2018.

Paceklik gelar juara Liga Champions tampaknya membuat direksi Barcelona habis kesabaran. Kali ini menatap fase knock-out, tanpa perlu menunggu kontrak Valverde habis pada akhir musim ini, Barcelona langsung mengirim surat pemecatan.

Laga terakhir yang dijalani Ernesto Valverde adalah semifinal Piala Super Spanyol. Dalam pertandingan di Jeddah, pekan kemarin, Barcelona kalah dengan skor 2-3.

Hal itu langsung memantik pergerakan direksi klub. Mereka terang-terangan pergi ke Qatar membujuk Xavi Hernandez, untuk cabut dari kursi pelatih Al Sadd. 

Tapi Xavi Hernandez menolak. Ia mengaku memang ingin menjadi pelatih Barca, tapi tidak dengan cara seperti ini. Xavi enggan melukai perasaan Valverde.

Barca sempat dikaitkan dari Mauro Pochettino. Namun tetap belum ada konfirmasi. Senin petang waktu setempat direksi Barcelona memanggil Ernesto Valverde.

Isinya sudah bisa ditebak. Ernesto Valverde harus pergi dari Barcelona. Sekarang!

Penggantinya langsung diumumkan. Ia adalah Quique Setien. Pelatih berusia 61 tahun yang selama kariernya belum pernah menangani klub top.*
 

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?