Putri Mahmudah
5 Hal yang Bisa Dilakukan Juergen Klopp saat Liverpool Gabut Karena Liga Inggris Berhenti
23 Mar 2020

ISTIRAHAT tidak terduga dalam jadwal kompetisi bisa membuat Liverpool lebih baik. Terutama buat manajer Liverpool, Juergen Klopp, untuk mengatur ulang fokus timnya.

Seperti manajer lainnya, Juergen Klopp, harus mengalami periode paling aneh. Kompetisi dihentikan sementara sampai engga tahu kapan, karena pandemi virus corona, COVID-19.

Skuat Liverpool juga sedang mengikuti isolasi. Sama seperti lainnya. Warga Inggris semua isolasi mandiri, bagi yang belum terjangkit parah.

The Reds tidak akan berlatih sampai awal April. Bahkan ada klub lain sampai awal Mei mau istirahat saja. Inilah periode paling diselimuti ketidakpastian.

Jadi apa yang bisa dilakukan Juergen Klopp dalam mengisi waktu isolasi? Daripada gabut. Berikut 5 hal yang bisa dilakukan Juergen Klopp, seperti ditulis Jack Lusby dari fourfourtwo:

MENCARI SOLUSI
SEPERTI diketahui sebelum kompetisi dihentikan sementara, performa Liverpool sedang menukik. Puncaknya ketika tersingkir di 16 besar Liga Champions dari Atletico Madrid.

Di Liga Primer Inggris memang berjaya. Tinggal butuh 2 kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara. Tapi Liverpool belum lama ini kalah. Rekor tidak terkalahkan musim ini pecah di tangan Watford.

Saat jeda ini bisa dipakai Juergen Klopp untuk berkoordinasi dengan jajarannya. Mencar solusi agar performa Liverpool mengilap lagi.

ANALISIS TAKTIK
MASIH ada 9 pertandingan di Liga Primer Inggris. Dari 9 itu Liverpool tinggal butuh 2 kemenangan untuk mengunci gelar juara.

Melawan sapa saja? Ini, Everton, Crystal Palace, Manchester City, Aston Villa, Brighton, Burnley, Arsenal, Chelsea, dan Newcastle United. 

Nah taktik yang tepat bakal bisa membantu Liverpool meraih 2 kemenangan itu secepatnya dari sisa 9 laga yang ada. 

Oleh karena itu analisis taktik bisa dibuat Juergen Klopp di masa gabut ini. Mau mengambil poin penuh di pertandingan mana, atau seperti apa.

ISTIRAHAT
BARANGKALI penghentian sementara kompetisi ini memberi hikmah berupa istirahat buat skuat Liverpool. Bagaimana tidak, musim ini mereka dihajar banyak jadwal.

Mulai Liga Primer Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris, Piala Dunia Klub, sampai Liga Champions. Belum lagi di jeda musim dingin kemarin tidak ada libur.

Jadi inilah kesempatan untuk relaksasi, bukan?

PDKT
SUDAH jadi kebiasaan Juergen Klopp bertemu empat mata terlebih dahulu dengan calon rekrutannya. Hal ini seperti diperlihatkan saat mendatangkan Virgil van Dijk pada 2017 dan lain-lain.

Soal pertemuan dengan van Dijk itu sampai membuat Liverpool harus minta maaf kepada Southampton FC, sebagai pemilik kontrak. Tapi akhirnya masalah selesai. Van Dijk pindah dari Southampton ke Liverpool.

Kalau sekarang kompetisi sedang rehat terpaksa, barangkali Juergen Klopp bisa menemui secara pribadi pemain yang jadi incarannya.

Tapi ingat ya, jangan yang masih terikat kontrak dengan klub lain. Pelanggaran! Cari saja yang kontraknya sudah kedaluwarsa.

PERENCANAAN
PADA dasarnya kompetisi musim ini segera berakhir. Liverpool juga tinggal butuh 2 kemenangan untuk jadi juara Liga Primer Inggris.

Sehingga tidak salah kalau Juergen Klopp mengisi waktu untuk isolasi dari virus corona ini buat menyusun masa program musim depan. 

Harus diingat pula Liverpool akan berganti sponsor jersey dari NB ke Nike. Lalu ada tempat latihan baru di Kirkby. Juergen Klopp pribadi juga baru teken perpanjangan kontrak sampai 2024 di Liverpool.

Jadi segera susun program musim depan, biar tambah sukses!

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?