Putri Mahmudah
5 Langkah Menekan Penyebaran Virus Corona dalam Kampanye WHO dan FIFA
25 Mar 2020

WHO menggandeng FIFA untuk kampanye memerangi pandemi virus corona. Kampanye memakai tagline, "Tendang Virus Corona".

Ada 5 langkah dalam kampanye yang digelorakan WHO dan FIFA. Lima langkah itu adalah cara menghentikan penyebaran virus corona, yang dimulai dari diri sendiri.

Berikut 5 langkah itu:

CUCI TANGAN
CARA ini dianggap paling efektif dalam menekan laju penyebaran virus corona. Karena semua berawal dari tangan. Segala aktivitas melibatkan tangan.

Jadi tangan harus selalu bersih. Bagaimana caranya bersih? Tidak lain dan tidak bukan hanya bisa dengan sering mencuci tangan. 

SIKU
BATUK dan bersin menjadi sebab paling mudah untuk penyebaran virus corona. Oleh karena itu jika batuk atau bersin, harus ditutup. Begitu etikanya.

Nah, disarankan saat batuk atau bersin harus ditutup memakai siku bagian dalam. Sehingga droplet atau air liur atau ingus yang keluar tidak menyebar ke mana-mana.

WAJAH
PENYAKIT masuk ke dalam tubuh, dalam hal ini virus corona, lewat mulut, hidung, atau mata. Jadi jangan sampai lupa sementara ini dalam situasi gawat sekarang, jangan menyentuh bagian muka. Kecuali sedang mandi atau cuci muka.

Kadang orang lupa, wajar. Tapi intinya diusahakan jangan sering menyentuh wajah untuk sementara ini, sampai pandemi virus corona hilang dari muka bumi.

JAGA JARAK
CARA ini juga ampuh untuk menghindari penularan virus corona. Dengan menjaga jarak antara satu manusia dengan manusia lainnya, diharapkan tidak terkena potensi droplet.

Jarak yang disarankan WHO minimal 1 meter. Oleh karena itu semua harus waspada. Cara menjaga jarak ini diharapkan lebih efektif dibandingkan kebijakan ekstrem mengunci suatu wilayah atau lockdwon.

TIDAK KELUAR
JIKA badan Anda terasa tidak enak, misalnya demam, batuk, atau pilek, harus bertahan di rumah. Dengan bertahan di dalam rumah, potensi penyebaran virus corona bisa ditekan.

Setelah itu segera menghubungi petugas kesehatan di masing-masing negara, yang sudah ditugaskan untuk menangani penyakit karena virus corona.*

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?