Uchiha Hitachi
3 Manajer yang Layak Gantikan Juergen Klopp di Liverpool
25 Mar 2020

JUERGEN Klopp telah mengubah wajah Liverpool FC. Terutama setelah mempersembahkan gelar juara Liga Champions, Piala Dunia Klub, dan sebentar lagi Liga Primer Inggris.

Tapi siapa kandidat yang cocok menggantikan Juergen Klopp seandainya nanti pergi dari Liverpool?

Berikut 3 calon yang layak menggantikan Juergen Klopp, seperti diulas Liverpool Echo:

JULIAN NAGELSMANN
MESKI usianya baru 32 tahun, Julian Nagelsmann telah disebut sebagai kemungkinan jangka panjang yang cocok buat banyak klub di Eropa.

Kariernya bermainnya berakhir di level remaja ketika menderita cedera lutut permanen. Beruntung jalur pendidikan membawa ke pelatihan ilmu olahraga.

Terobosan pertamanya saat usia 28 tahun berhasil menyelamatkan Hoffenheim dari ancaman degradasi Bundesliga.

Bahkan kemudian Julian Negelsmann mampu membawa Hoffenheim ke persaingan papan atas Bundesliga, sampai akhirnya lolos ke Liga Champions. Untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Sukses itu membuat RB Leipzig terpincut. Di klub itu kiprah Julian Nagelsmann masih cemerlang. Musim ini Leipzig dibawanya lolos ke perempat final Liga Champions.

Filosofi Julian Nagelsmann disebut mirip Juergen Klopp. Menekankan sepak bola menyerang, langsung dengan intensitas tinggi. Fokus kepada dinamisme dan ide taktis yang inovatif. Dia sangat ideal untuk menggantikan Juergen Klopp.

STEVEN GERRARD
SETELAH pensiun dari karier pemain pada akhir musim 2016, Steven Gerrard awalnya kembali ke Liverpool sebagai pelatih akademi. Sebelum lanjut sebagai pelatih Liverpool U-18 di musim 2017/2018.

Juergen Klopp pernah mengatakan Steven Gerrard yang akan menggantikannya, saat berbicara pada 2017. "Bila saya pergi, atau dipecat klub, saya tidak peduli siapa yang akan menggantikan. Tapi saya suka kala itu adalah dia (Steven Gerrard)," ujar Juergen Klopp, kala itu.

Sosok yang saat menjadi pemain menempati posisi gelandang itu sekarang menangani Rangers FC. Ia telah memberi banyak momen mengesankan di klub asal Glasgow itu.

Tapi ada tanda tanya berkembang yang bisa menjadi keraguan. Sebab, Steven Gerrard belum mampu menghasilkan trofi buat Rangers. Terutama merusak dominasi Celtic FC.

Hanya saja impian Steven Gerrard tidak berubah. ia ingin menjadi manajer Liverpool.

LIJNDERS PEPIJN
SUKSES Juergen Klopp di Liverpool memang luar biasa. Tapi itu tidak akan terjadi tanpa kerja tim pelatih. 

Terkait hal itu ada satu sosok dalam tim pelatih Liverpool yang punya peran penting di balik sukses Juergen Klopp. Ia adalah Lijnders Pepijn. 

Pria asal Belanda ini awalnya adalah pelatih tim junior di PSV dan FC Porto, sebelum pindah ke Anfield pada 2014. Ia dibawa Brendan Rodgers, hingga terus dipercaya saat kursi manajer beralih kepada Juergen Klopp.

Tugas manajerialnya masih singkat dan tidak berhasil di NEC pada 2018. Tapi pekerjaannya tidak buruk amat. Ia lantas kembali ke Liverpool, mengisi tempat yang ditinggalkan Zeljko Buvac, sebagai orang nomor dua setelah Klopp dalam tim pelatih Liverpool. Bisa dikatakan Lijnders adalah otak tim pelatih Liverpool.*

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?