Putri Mahmudah
Wawancara Salome Di Iorio, Wasit Wanita Andal dari Argentina
18 May 2020

SALOME Di Iorio adalah simbol wasit wanita Argentina yang mendobrak batas feminisme sejak 2004. Baru-baru ini ia mengikuti wawancara dengan AFA, Asosiasi Sepak Bola Argentina.

Sekarang ini Salome dan keluarganya masih menjalani isolasi mandiri. Menghindari krisis kesehatan yang di Argentina juga menjadi masih masalah.

Berikut isi wawancara AFA dengan Salome Di Iorio:

Bagaimana Anda menjalani isolasi mandiri?
Ya agak membosankan. Karena berlatih di rumah dengan ruang terbatas, terutama untuk berlari. Tapi paling penting Anda harus menjaga diri sendiri.

Bagaimana anak lelaki Anda menjalani momen isolasi ini?
Hal yang sama juga dirasakan Tommy. Awalnya senang karena bersama orangtuanya terus sepanjang hari. Tapi sekarang mulai bosan dengan pekerjaan rumah. Ia merindukan teman-teman dan keluarga besar. Sekarang usianya baru 4 tahun.

Bagaimana cara menjaga interaksi Anda dengan kolega?
Kami selalu berinteraksi dengan instruktur wasit lewat kelas zoom, baik teknis maupun fisik. Itu membuat kami tetap aktif dan dekat. Ini sangat bagus.

Apakah Anda memperhatikan bahwa makin banyak perempuan terdorong menjadi wasit?
Iya, banyak gadis memilih berkarier sebagai wasit. Selama mereka melakukannya dengan sungguh-sungguh, rasa hormat, dan tanggung jawab, maka akan menjadi keputusan yang tepat berkarier di bidang ini. Sebab kami mengalami kesulitan untuk diterima dan diakui. Sangat disayangkan kalau harus kehilangan apa yang dilakukan para perintis, yang telah bertahun-tahun bekerja.

Apa perubahan yang Anda perhatian dari keberadaan wanita di lapangan bermain?
Masyarakat makin menerima wanita di semua bidang sepak bola. Bertahun-tahun telah berlalu sejak kami bergabung bersama para perintis. 

Apa pendapat Anda tentang VAR?
Tidak diragukan lagi itu adalah bantuan besar dan kemajuan besar buat wasit, juga untuk tim. Meski kami selalu berusaha adil, kami tetap manusia dan itu menyiratkan kami bisa membuat kesalahan. Dengan VAR margin kesalahan bisa ditekan.

Akhirnya, apa yang Anda lewatkan dari saat-saat sekarang ini? Situasi telah mengubah banyak hal...
Saya merindukan semuanya. Pertadingan, berbagi peran dengan rekan wasit, berlatih, ruang ganti, komunikasi dengan orang-orang bola. Benar, sementara kita bisa belajar dan bertemu secara virtual. Tapi setidaknya saya lebih senang di lapangan, melakukan apa saja yang disukai.*

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?