Uchiha Hitachi
10 Poin Protokol Kesehatan Menuju Dilanjutkannya Kompetisi La Liga Spanyol
21 May 2020

LA Liga Spanyol telah mengedarkan protokol kembali ke lapangan buat seluruh tim peserta kompetisi. Ada 10 poin dalam protokol kesehatan itu.

Apa saja? Berikut isinya:

SIKAP DIRI
HARUS menjaga kebersihan diri dan mematuhi pembatasan sosial. Mencuci tangan, menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Jangan sering menyentuh mata, hidung, dan mulut. Jaga jarak dengan orang lain sekitar 2 meter.

TES COVID-19
SEBELUM kembali beraktivitas di pusat klub, semua harus menjalani tes kesehatan. Untuk memastikan tidak ada yang terjangkit COVID-19. Tes berkala juga harus dilakukan.

DISEMPROT INFEKTAN
PUSAT latihan klub dan semua fasilitas yang ada di dalamnya, harus disemprot disinfektan. Pembersihan secara berkala wajib dilakukan.

TERJADWAL
SAAT tiba di pusat latihan semua sudah tahu program apa yang akan dijalani. Oleh karena itu tim pelatih harus mengirim program latihan kepada pemain, malam sebelum paginya berlatih. Ketika sampai di lapangan sudah tahu apa yang harus dilakukan, sehingga bisa meminalkan kontak sosial.

TRANSPORTASI
SIAPAPUN yang masuk pusat latihan klub hanya boleh memakai mobil pribadi. Tidak ada alat transportasi seperti bus yang dipakai bersama-sama menuju lapangan.

MASKER DAN SARUNG TANGAN
TIDAK ada pengecualian, semua harus memakai maskter dan sarung tangan ketika berangkat ke tempat latihan. Hanya dilepas saat berlatih. Sisanya harus terus dipakai.

KELOMPOK KECIL
HANYA boleh grup kecil untuk berlatih. Maksimal hanya 6 orang dalam latihan grup, itupun dengan jarak sosial yang memadai. Oleh karena itu dibutuhkan semua area lapangan untuk bisa menampung grup-grup kecil dalam satu tim.

SERAGAM
KETIKA masuk pusat latihan semua sudah dalam posisi mengenakan baju latihan, sepatu, dan lain-lain. Pokoknya sampai lapangan tinggal berlatih. Semua akan menerima kantong untuk tempat baju yang basah dan dibawa pulang untuk dicuci. Keesokannya dibawa ke tempat latihan dan ditaruh di kontainer, untuk dicuci lagi oleh staf kebersihan.

KONTAK MINIMAL
DEMI keselamatan semuanya, disarankan agar tidak ada yang masuk ke rumah selama menjalani fase protokol kesehatan yang ada. Jadi lebih baik tinggal di tempat tersendiri, selama situasi belum normal, tetapi tetap harus berlatih dengan klub. Dan, mungkin nanti sampai kompetisi selesai dilanjutkan.

FISIOTERAPIS
DISARANKAN tidak memakai jasa fisioterapis lebih dahulu. Kalaupun harus diterapi, lebih banyak mempercayakan kepada satu orang. Jangan berganti-ganti.

KOMPETISI La Liga rencananya digelar lagi mulai Sabtu 13 Juni 2020. Diharapkan selesai pada pekan kedua Agustus.*

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?