Putri Mahmudah
Sara Gunnarsdottir, Pemain Wanita Terbaik Islandia Luncurkan Buku yang Inspiratif
22 May 2020

TIDAK diragukan lagi bahwa Sara Bjork Gunnarsdottir adalah pemain sepak bola wanita paling berbakt di negaranya, Islandia. Buktinya dia terpilih 6 kali sebagai Pemain Terbaik Wanita Islandia.

Kemudian Sara pernah mengangkat 4 kali gelar juara Liga Wanita Swedia bersama LdB FC Malmo. Sekarang dikenal dengan nama FC Rosengard.

Lalu perempuan cantik berusia 29 tahun ini merantau ke Jerman. Bermain di Bundesliga Wanita. Bersama VfL Wolfsburg dia memenangi banyak trofi juara Bundesliga dan Piala DFB. Masing-masing sebanyak tiga kali.

Semua yang telah dicapainya itu, termasuk perjalanan bersama Timnas Wanita Islandia, telah dituangkannya ke dalam sebuah buku. Berjudul "Ostodvandi" alias "Unstoppable" atau "Tidak Terhentikan".

"Pada 2018 saya dinobatkan menjadi Sosok Olahraga Islandia Tahun Ini," kata Sara yang biasa bermain sebagai gelandang itu. 

"Itu salah satu penghargaan terbesar yang bisa didapat sebagai olahragawan di Islandia. Baik, pria maupun wanita."

"Semua cerita itu ada di dalam buku. Saya merasa harus berbagai cerita kepada banyak orang. Tidak hanya saya sebagai pemain sepak bola, tapi lebih dari itu," begitu Sara bercerita kepada FIFA.

Buku itu ditulis Magnus Helgason. Pengerjaan buku dilakukan secara intensif. Dengan tatap muka dan wawancara.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk menceritakan kisah. Saya belum tua, tapi sudah banyak pengalaman. Banyak hal dalam karier yang perlu diceritakan."

Dalam buku itu diceritakan Sara yang berubah dari gadis kecil yang tumbuh di Islandia, kemudian menjadi salah satu pemain terbaik di Jerman.

"Buat saya buku ini menceritakan perjuangan dan kemunduran, sampai bisa seperti sekarang."

"Karakter saya, bagaimana bermain, dan sebagai manusia."

"Saya pernah cedera dua tahun karena patah ligamen dan retak tulang paha. Sejujurnya saya tidak berpikir bisa bermain sepak bola lagi. Semua tertulis dalam buku ini."*

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?