Uchiha Hitachi
Tidak Pakai Logo Asli, MU Seret Pengembang Football Manager ke Meja Hijau
23 May 2020

MANCHESTER United FC menggugat SEGA dan Sports Interactive. Sebabnya pemasok dan pencipta game Football Manager itu dinilai telah melakukan pelanggaran hak cipta.

MU menyeret dua pihak itu ke jalur hukum, karena merasa ada pelanggaran hak komersial, berupa penyebutan nama dengan pemakaian logo yang tidak resmi.

Duduk perkaranya MU melihat logo yang dipasang di Football Manager, bukan bentuk asli. Hanya memakai logo berwarna merah dengan setrip putih.

Hal itu dianggap sebagai pengingkaran atas nama dan logo Manchester United FC. Sehingga klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford itu merasa perlu mengajukan gugatan.

Namun pihak SEGA dan Sports Interactive berpendirian kalau pemakaian logo seperti itu sudah lama. Sejak 1992 ketika Football Manager masih bernama Championship Manager. Dan, sejak itu tidak ada keluhan atau gugatan apapun.

SEGA dan Sports Interactive berpendapat pemakaian logo seperti, hanya sebagai referensi legal yang mengarah kepada Manchester United. Dalam konteks sepak bola.

Proses hukum sudah berjalan sejak Jumat 22 Mei 2020 kemarin. Lewat dengar pendapat virtual. Pihak MU mengklaim kehilangan banyak uang dari lisensi yang "dipermainkan".

"Konsumen mereka juga berharap melihat logo klub di sebelah nama Manchester United. Tapi pihak pengembang dan yang memasarkan telah gagal menerapkan logo yang salah," kata Simon Malynicz QC, pengacara MU.

Perkara ini tampaknya masih akan lama terselesaikan. Pasalnya pengacara SEGA dan Sports Interactive menganggap MU tidak punya hak untuk menggugat.

"Penuntut pada dasarnya telah setuju tanpa bantahan mengenai penggunaan nama Manchester United. Soal logo, itu adalah template generik yang dipilih secara acak oleh mesin Football Manager," tutur Roger Wyan QC, pengacara tergugat.*

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?