Putri Mahmudah
Bahaya Star Syndrome Buat Pemain Sepak Bola, Terutama yang Masih Muda
13 Jul 2020

STAR Syndrome sering menyerang seseorang yang mendadak menjadi populer. Dalam setiap lini kehidupan.

Star syndrome ini bisa dikategorikan sebagai penyakit kejiwaan. Karena memang pada dasarnya menyerang pikiran.

Buat pemain sepak bola star syndrome ini sangat berbahaya. Pemain yang terserang star syndrome bisa-bisa kariernya cepat anjlok. Atau, minimal sulit bekerja sama di dalam tim.

Berikut beberapa gejala star syndrome yang harus diwaspadai:

Paling Jago
INGIN menjadi pemain hebat itu wajar. Tapi berubah tidak wajar ketika muncul perasaan tidak boleh ada orang lain yang lebih hebat, supaya selalu menjadi pusat perhatian dan terus populer. Hati-hati situasi begitu itu berarti star syndrome mulai menyerang psikis.

Pilih-pilih Teman
JANGAN membeda-bedakan siapapun. Bertemanlah dengan semua orang. Tapi buat pemain yang terkena star syndrome, saran seperti itu tidak berlaku. Ia hanya mau berteman atau bergaul dengan orang terkenal, demi popularitas. Misalnya sebelum memiliki banyak followers di media sosial, dia mudah berteman dengan siapa saja. Tapi setelah punya banyak followers, hanya mau berteman dengan yang selevel.

HARUS KELIHATAN OKE
SUDAH sering pemain sekarang ini dandanannya begitu wah. Outfit yang menempel di badan bisa mencapai belasan juta. Berangkat ke latihan atau pertandingan lagaknya sudah paling oke. Pakai kacamata hitam, pakai headset, dan sebagainya. Hati-hati kalau nyaman seperti itu gejala star syndrome mulai menyerang.

CENDERUNG PAMER
DI keramaian atau ruang publik--termasuk media sosial--segala hal dipamerkan. Mulai barang-barang sampai aktivitas sehari-hari. Pokoknya semua hal dalam hidupnya merasa perlu untuk diumbar, supaya khalayak tahu. Tujuannya apa lagi kalau bukan buat dibicarakan orang. Awas, sikap begitu berarti star syndrome sudah menyebar dalam pikiran.

MERASA PUNYA HATERS
Benar adanya tidak semua orang suka terhadap kita. Tapi kalau ke mana-mana atau di mana-mana merasa punya haters atau pembenci, itu berarti mulai muncul penyakit star syndrome. Sebagai pemain yang merasa sudah jadi bintang dan populer, bakal sulit menerima kritik atau masukan. Imbasnya semua yang tidak sejalan dengannya dianggap sebagai haters.*

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?