Uchiha Hitachi
Resep Persib Juara Liga Indonesia Edisi Pertama: 1,5 Jam Lari Keliling Stadion Siliwangi
29 Jul 2020

PERSIB dalam sejarahnya adalah tim yang menjuarai Liga Indonesia edisi pertama. Kompetisi hasil penggabungan Perserikatan dan Galatama.

Persib menjadi juara Liga Indonesia pada 1994/1995. Ketika itu formatnya dibagi ke dalam dua wilayah. Sampai babak lanjutan hingga final, Persib keluar sebagai yang terbaik.

Persib memenangi partai final atas Petrokimia Putra. Dalam pertandingan di Stadion Senayan Jakarta itu Persib menang 1-0. Gol dihasilkan Sutiono pada menit ke-76.

Persib saat itu dilatih Indra Tohir. Pelatih bertangan dingin, asli Sunda, sehingga tahu betul bagaimana karakteristik Persib.

Asep Sumantri yang di final masuk pada menit ke-51 menggantikan Yudi Guntara, coba membagikan resep Persib menjadi juara ketika itu.

Penampilan konsisten sejak penyisihan grup barat sampai babak 8 besar, kemudian semifinal, dan final, dikatakan Asep Sumantri tidak lepas dari latihan fisik yang dilakukan Indra Tohir.

"Bersama Pak Indra Tohir semua jenis latihan itu berat. Tapi kami lakukan dengan senang hati," kata Asep Sumantri, seperti dicuplik dari website Persib.

"Para pemain pernah disuruh lari keliling Stadion Siliwangi selama 1,5 jam."

"Penghargaannya dikasi roti jagung. Sampai ada istilah kalau latihan masih bisa tertawa, itu berarti sangat bagus."

"Prinsipnya mending mual saat berlatih, daripada mual waktu bertanding. Begitu kata Pak Indra Tohir kepada para pemain."*

Simak juga berita dan video menarik seputar sepak bola di semua sosial media KICKLR:
Facebook: https://www.facebook.com/kicklr/
Twitter: https://twitter.com/kicklrz
Instagram: https://www.instagram.com/kicklr/

Apa reaksimu Sobat Kicklr ?
Kalo menurut Loe gimana Sobat Kicklr ?